Late Night Talk

#LateNightTalk : Aku Introvert

#LateNightTalk ini post yang aku akan tulis sewaktu-waktu mulai dari sekarang. Ini topiknya random sih, apapun hal yang kira-kira ada di pikiranku dan ingin kubagikan, akan kubagikan buat kalian. Barangkali, sharingku bisa membantu dan kalian bisa ikutan mengemukakan pendapat atau opini kalian ^^

…..

Yup, persis seperti judulnya. Entah kenapa malem ini aku lagi pingin aja bahas soal ini. Memang sih ini sebenernya agak nggak penting, tapi mungkin curhatanku bisa relate sama beberapa dari kalian juga.

Introvert itu apaan sih? Mungkin ada beberapa dari kalian yang nggak tau. Definisi introvert :
 
Introvert comes from Latin intro-, “inward,” and vertere, “turning.” It describes a person who tends to turn inward mentally. Introverts sometimes avoid large groups of people, feeling more energized by time alone. The opposite of an introvert is an extrovert, who finds energy in interactions with others.
 
Untuk merangkum, seorang introvert adalah pribadi yang lebih suka sendiri, atau mungkin bersama dengan orang yang benar-benar akrab atau kelompok kecil saja, cenderung overthinking, tertutup, dan merasa lebih menjadi dirinya sendiri saat sendirian. Kebalikannya dari si ekstrovert, yaitu pribadi yang suka ada di tengah banyak orang, mudah bergaul, dan lebih easygoing. 
 
Sewaktu SMA, aku nggak begitu ngerti soal beginian. Aku cuek aja, karena satu kelasku orangnya cuma sedikit jadi aku otomatis dekat dengan semuanya. Tapi begitu masuk kuliah, aku ketemu banyak orang baru, gabung di banyak perkumpulan/komunitas baru, aku sering merasa, “aku kok susah banget bergaul ya”. Mau memulai percakapan susah, ngajak foto susah, mau ngobrol nggak ada topik, kalau ada yang ngelawak gitu meski menurutku nggak lucu aku harus ketawa. Aku juga ingin ada di “lingkaran” mereka. 

And it clicked, I’m officially an introvert.

#LateNightTalk : Aku Introvert by Jessica Alicia

Pengalamanku banyak banget nih. Hmm.. misalnya nih waktu kumpul sama teman-teman yang nggak terlalu akrab. Semuanya pada ngobrol, dan aku tiba-tiba ngomong sesuatu yang aneh/jayus gitu, dan respon semuanya kurang oke.

Aku otomatis langsung overthinking
“Apa harusnya aku ga bilang itu ya?” 
“Apa harusnya aku diam aja?” 
“Duh gimana sih masa mau bercanda aja nggak bisa.”
Waktu temenku ngomong sesuatu ke aku, terus aku nggak tau mau jawab apa, ujung-ujungnya aku cuma ketawa garing aja, dan perbincangan selesai…. salah lagi deh.

 
Sepengelihatanku, banyak banget orang yang salah mengerti tentang si introvert ini. Karena orang introvert, seperti yang tadi kusebutkan, cenderung pendiam. Waktu pertama kali ketemu, seringkali first impression orang-orang, 

“Kamu pendiem ya.” 
“Kamu kok ga banyak omong.”
“Ini orang kok kelihatannya sombong ya?”
Atau mungkin responnya cuma ketawa garing doang. Bisa juga waktu baru ketemu orang, suka awkward karena kayaknya susaaaah banget mau berusaha heboh pas baru ketemu sama orang baru. Ujung-ujungnya cuma “halo.. hehehe” terus aku nggak ada bahan pembicaraan untuk lanjut kenalan sama orang itu, dan kita cuma saling tau nama doang dan nggak bisa ngobrol 🙂
Hmm, susah ya jadi orang introvert?
#LateNightTalk : Aku Introvert by Jessica Alicia

Sebenernya aku nggak bisa bilang jadi orang introvert itu susah. Emang di situasi tertentu aku sering berharap kalo aku lebih ribut, lebih easygoing, pasti ini bakalan lebih mudah. Tapi nggak, karena dimana-mana pasti ada kelemahan dan kelebihan, ya kan? Emang aku pendiem, apalagi kalau ketemu orang yang nggak terlalu dikenal. Tapi karena “latihan”, lama-lama aku jadi belajar apa yang harus aku lakuin kalo aku berada di situasi A, situasi B, dan seterusnya. Lucu ya, bersosialisasi aja perlu latihan.

Aku berusaha dan berusaha untuk mengerti kalau orang introvert nggak cuma pemalu, susah bergaul, dan ngansos doang. Introvert itu pemikir, jago mengobservasi, nggak blak-blakan, lebih teliti dan lebih hati-hati dalam mengambil keputusan!

Sebagai introvert, aku nggak punya sekelompok temen atau “squad” yang selalu bareng kemana-mana. Tapi aku punya beberapa teman dekat, yang bisa selalu nyambung kalau ngobrol, punya selera humor yang sama, bisa gila bareng, dan selalu sepaham sehati sepikir.

Jadi kalau misalnya kalian introvert kayak aku (kalau dari tes, aku introvert sekitar 70%, banyak ya) jangan takut untuk mencoba hal baru dan berusaha bertemu banyak orang. Hmm.. memang susah, aku akui. Susah banget berusaha untuk natural kalau di tempat rame. Tapi lama-lama pasti bisa kok, karena manusia itu makhluk sosial kan? Nggak ada manusia yang nggak bisa bersosialisasi.
#LateNightTalk : Aku Introvert by Jessica Alicia

Aku nggak punya tips sih karena aku juga masih berusaha menyesuaikan diri dan belajar lebih sosial juga. Tapi satu hal nih dari aku, kalau kalian seorang introvert, jangan berusaha untuk mengubah dirimu seperti temenmu, si A yang rame, si B yang cerewet, si C yang populer, karena pasti nggak akan bisa.
Belajar aja untuk lebih mengerti diri sendiri, supaya lebih bisa beradaptasi di berbagai lingkungan. Kalau misalnya kamu lagi mentally exhausted karena kebanyakan bersosialisasi (percaya deh, ini sering terjadi di aku loh) ambil waktu untuk sendiri di kamar dan lakukan apa yang kamu suka. Tidur, baca buku, nonton sampe ketawa ato nangis sendiri, nari-nari sendiri.

Kalau aku flashback, waktu aku SMA dulu, aku jauh lebih pendiam dan menutup diri daripada sekarang. Di kuliah ini, karena orangnya banyak dan aku ketemu banyak tipe orang, aku jadi lebih bisa mengekspresikan diri sendiri. Memang kadang aku masih susah kalau sama orang yang nggak begitu kenal, tapi udah jauh lebih baik dari pas aku SMA atau SMP 🙂

…..

Yes, segitu aja curhatanku untuk kali ini. Oh iya, ngomong-ngomong kalian sendiri sudah tau belum personality kalian apa? Kalau kalian belum pernah personality test, cobain yang disini ya www.16personalities.com, seru lho, hasil kalian apa? Aku INFJ 🙂

Mungkin post ini nggak ada hubungannya sama yang biasa aku tulis di blogku, tapi semoga bisa relate dan membantu buat kalian yang sama seperti aku.

Thanks for visiting!
Xoxo,
Jessi ∞
Instagram, Twitter : @jessicaalicias
YouTube : Jessica Alicia
Facebook : Jessica Alicia
LINE : @its5805k
0 0