Basic Skincare – Kenapa, Apa Saja, Gimana Caranya?

Jaman sekarang, banyak banget produk-produk skincare yang beredar di pasaran, ya kan? Mulai dari facial wash, facial foam, face scrub, moisturizer, krim pagi, krim malam, serum, essence, toner, chemical exfoliate, eye cream, DAN MASIH BANYAK LAGI.

Bikin bingung ya, sebenarnya kita perlu yang mana sih?
Lihat iklan serum A, wah bisa menghilangkan bekas jerawat nih, kayaknya perlu…
Lihat iklan toner B, bisa mengecilkan pori-pori. Wah kayaknya perlu juga…
Lihat iklan krim C, bisa mencerahkan & bikin glowing. Waduh, bagus juga ini…
Begitu terus, dan nggak bakal berhenti. Hasilnya, malah bingung dan beli produk setoko, padahal belum tentu perlu!

Oke, tenang. Tarik napas dulu…

Pertama, aku mau kamu punya pikiran tentang skincare yang sama seperti aku. Yaitu, “LESS IS MORE”. Artinya? Secukupnya saja. Banyak-banyak belum tentu baik.

Kulit kita adalah organ paling besar di tubuh kita, yang tugas utamanya untuk melindungi organ tubuh vital lainnya dari dunia luar. Karena itu, kulit kita itu hebat banget! Sebagai organ tubuh, kulit kita tidak diam saja kok. Kulit juga berproses dan memiliki siklus yang terus berjalan, dan kulit kita selalu regenerasi agar terlihat sehat.

Intinya, harus paham dulu bahwa kulit kita ini pintar, oke?

Source : Instagram @babeandbeauty

Nah, proses regenerasi kulit ini SANGAT PENTING untuk kesehatan kulit kita. Karena sel kulit yang sudah “jelek” akan digantikan oleh sel kulit yang baru. Hal ini yang berpengaruh terhadap sembuhnya jerawat, bekas jerawat, komedo, wajah kusam, dan masalah kulit lainnya.

Pada remaja atau orang yang masih muda (dibawah 20 tahun), proses regenerasi kulit ini masih berjalan dengan sangat baik dan cepat. Jadi, kulit yang masih muda umumnya lebih sehat, segar, dan masalah-masalah kulit lebih cepat hilang dibandingkan dengan kulit yang sudah mulai menua.

Nah malah biasanya masalah kulit pada remaja atau kulit yang masih muda itu disebabkan oleh munculnya masalah kulit, lalu panik, dan terekspos banyak iklan dan rekomendasi skincare, lalu coba-coba dan ternyata salah pakai!

Penyebab paling umum masalah kulit remaja nih :
  • Cuci muka terlalu sering
  • Sabun wajah terlalu kasar
  • Nggak pakai sunblock/sunscreen tiap hari
  • Seringkali hormonal (karena sedang pubertas). Jerawat hormonal biasanya tidak bisa dituntaskan dengan skincare. Tapi, banyak remaja malah panik, mulai pakai banyak skincare, malah breakout!

Karena itu, masih ingat prinsipnya “Less is More”? Ketahui dulu kondisi kulitmu seperti apa, dan pakai saja produk yang diperlukan.

Oke oke, sudah ngerti! Terus intinya, aku harus mulai dengan produk apa?

3 tahap esensial dan paling dasar dalam skincare adalah : Bersihkan, Lembabkan, Lindungi. Apa saja itu?

  1. Sabun wajah
  2. Pelembab
  3. Sunscreen/sunblock.

Sebelum kamu coba-coba produk skincare, silahkan mulai dari 3 tahap ini, dan SEMPURNAKAN. Harus sudah ketemu produk yang bagus, kandungannya oke, dan benar-benar cocok. Barulah setelah itu, jika masih butuh, tambahkan produk skincare lain.

Semua orang bisa gunakan 3 langkah ini, baik perempuan atau laki-laki, dan boleh dimulai sejak umur berapapun.

Kenapa kok sedikit? Cuma 3 itu aja cukup?

Tentu saja cukup! Balik ke poin tadi, mulai dengan basic skincare dulu, karena seringkali kesalahan orang-orang itu tidak mengerti apa yang dibutuhkan, dan malah kebanyakan produk. Pakai basic skincare dengan baik untuk mendukung kinerja kulit kita, jika memang keluhan masih ada, baru tambahkan yang lain.

Kemudian kalau kamu masih remaja, kulit yang masih muda itu lagi bagus-bagusnya dan performanya masih sangat baik. Kulit bisa berproses dan menyembuhkan diri dengan sendirinya, asal dijaga, dirawat, dan tidak “dipaksa” atau diperlakukan kasar. Oke?

Nah, aku akan bahas langkah-langkahnya satu persatu ya!

1. Cleanser / sabun cuci muka / facial wash

Semua pasti paham lah ya, kalau kita perlu membersihkan wajah dari kotoran, debu, bakteri, polusi, dan minyak berlebih. Jika wajah tidak dibersihkan, maka segala jenis kotoran akan tertinggal di wajah, dan menyebabkan jerawat, kusam, iritasi, dan sebagainya. Kriteria sabun wajah yang baik adalah :

  • Tidak membuat wajah terasa kering/mengelupas/ketarik/keset setelah dibilas
  • Memiliki pH (derajat keasaman) yang mendekati pH alami kulit, yaitu sekitar 5,5 (kadang ada tertulis di kemasan)
  • Tidak mengandung scrub, karena menggunakan scrub tiap hari berpotensi membuat kulit makin sensitif
  • Cuci muka cukup 2x sehari saja, jangan lebih. Kalau kulitmu kering, bisa 1x saja waktu malam (paginya pakai air saja).

2. Pelembab / moisturizer / krim pagi / krim malam

Pelembab ini berfungsi untuk mengembalikan kelembaban kulit setelah cuci muka, dan “mengunci” kelembaban tersebut di dalam, supaya nggak menguap ke udara. Karena, kalau kelembaban tersebut menguap, wajah kita akan dehidrasi dan tidak sehat. Kriteria pelembab yang baik adalah :

  • Memiliki ingredients atau kandungan yang melembabkan. Contohnya : hyaluronic acid, sodium hyaluronate, ceramide, sodium PCA, glycerin, dimethicone, butylene glycol, cetyl alcohol, dan lain-lain.
  • Non-comedogenic (biasanya ada labelnya)
  • Sebisa mungkin tidak mengandung fragrance/parfum/perfume di kandungannya. Tapi kalau kulitmu tidak ada efek negatif dengan fragrance, tidak masalah kok.
  • Teksturnya nyaman di kulit kamu, supaya bisa kamu pakai setiap hari
  • Dipakai pagi dan malam ya, tapi lebih penting malam!

3. Sunscreen / sunblock / tabir surya

Kalau kamu belum tau, sunscreen atau sunblock ini SANGAT PENTING. Kalau aku disuruh pilih antara sunscreen atau pelembab, aku pilih sunscreen. Kenapa? Karena tanpa perlindungan dari sinar matahari, akan ada dampak buruk berkepanjangan bagi kulit kita. Misalnya nih, meningkatkan resiko kanker kulit, meningkatkan produksi minyak di kulit, memicu jerawat, penuaan dini, keriput, flek dan noda hitam yang sangat susah hilang. Kamu nggak mau kan, penuaan dini di masa muda? Kriteria sunscreen/sunblock yang baik adalah :

  • SPF 30 keatas, dan ada tulisannya perlindungan untuk UVA dan UVB (ada tulisan “SPF” dan “PA” nya)
  • Memiliki salah satu atau beberapa kandungan ini : avobenzone, oxybenzone, octinoxate, titanium dioxide, zinc oxide, atau UV filters lainnya.
  • Non-comedogenic (biasanya ada tulisannya)
  • Sebisa mungkin tidak mengandung fragrance/parfum/perfume di kandungannya. Tapi kalau kulitmu tidak ada efek negatif dengan fragrance, tidak masalah kok.
  • Teksturnya nyaman, dan yang kamu bisa pakai setiap hari
  • Kalau kamu beraktivitas di luar dan terkena sinar matahari langsung, bisa dipakai ulang setiap 3-4 jam

Itu dia 3 tahap skincare dasar yang harus kamu sempurnakan dulu. Mudah kan? Jadi, kamu nggak perlu panik kalau wajahmu bermasalah, atau kamu ingin beli produk skincare ini dan itu. Tahan dulu, dasarnya dulu. Baru nanti naik level.


Rekomendasi produk skincare dasar untuk remaja :

Btw kalau kalian mau tau belinya dimana, tinggal klik nama produknya aja ya untuk belanja. Ini link affiliate, jadi kalau kalian belanja pakai link yang ada disini, kalian sudah mendukung aku untuk memajukan blog ini jadi lebih baik, dan aku bisa mendapat sedikit komisi dari pembelanjaan kalian. Tapi bebas kok, kalau mau aja, tidak harus! Terima kasih ❤

1. Cleanser / sabun cuci muka / facial wash

  1. Garnier Micellar Cleansing Water. Ini bisa dipakai sebelum sabun muka kalau kamu pakai makeup, atau merasa sabun wajah saja kurang bersih untuk angkat sisa sunscreen. Micellar water ini tidak mengandung bahan aneh-aneh, jadi aman dan cocok untuk semua jenis kulit.
  2. Hada Labo Mild Peeling AHA+BHA Face Wash. Ini cenderung cocok untuk yang kulitnya berminyak, komedoan, atau jerawatan. Tidak mengandung fragrance atau alkohol.
  3. Safi Dermasafe Gel Cleanser. Ini favoritku banget! Lembut di kulit, tidak membuat kulit terasa kering/ketarik sama sekali. Tidak mengandung fragrance dan alkohol, jadi cocok untuk semua jenis kulit, bahkan kulit sensitif sekalipun.
  4. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash. Ini juga salah satu favoritku, karena sama sekali nggak bikin kulit terasa kering. mengandung hyaluronic acid, yaitu kandungan untuk melembabkan kulit. Ini cenderung cocok untuk kulit kering atau normal, dan kurang pas untuk kulit berminyak.

2. Pelembab / moisturizer / krim pagi / krim malam

  1. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Milk. Ini pelembab ya, meski teksturnya cair seperti susu. Mengandung hyaluronic acid yang berfungsi melembabkan kulit. Menurutku ini cocok untuk semua jenis kulit, kecuali kalau kulitmu berminyaaaak banget, mungkin kurang pas.
  2. Safi Dermasafe Day Moisturizer. Pelembab pagi, teksturnya ringan dan menurutku nyaman dipakai. Cocok untuk semua jenis kulit, dan tidak mengandung fragrance, essential oil, dan alkohol.
  3. Safi Dermasafe Night Moisturizer. Mirip sih, tapi ini pelembab malam. Teksturnya sama-sama ringan, tapi yang malam ini sedikit lebih berat. Cocok untuk semua jenis kulit, dan tidak mengandung fragrance, essential oil, dan alkohol.
  4. Emina Moist in a Bottle. Alternatif yang jauh lebih terjangkau harganya. Menurutku ini cocok untuk kulit normal sih, karena cukup melembabkan. Tidak mengandung alkohol di ingredientsnya, tapi masih ada fragrance.

3. Sunscreen / sunblock / tabir surya

  1. Nivea Sun Protect & White Oil Control SPF 50 PA++++. Cocok untuk kulit berminyak, ini sunscreen yang cukup mudah didapat. Tidak mengandung fragrance/perfume.
  2. Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50 PA+++. Menurutku ini sunscreen harga terjangkau yang paling bagus! Cocok untuk semua jenis kulit, nggak ada fragrance, alkohol, atau kandungan yang berpotensi bikin iritasi. Teksturnya cair seperti susu sih, yang aku pribadi kurang suka. Tapi nggak apa-apa deh karena harganya juga murah~
  3. Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++. Versi lain dari Skin Aqua. Teksturnya “gel”, jadi tidak seperti susu, tapi lebih kental dan lebih terasa ringan di kulit. Sama seperti yang Moisture Milk, ini nggak ada fragrance dan alkoholnya. Tapi, SPF nya lebih rendah sedikit.
  4. Zoya Cosmetics Sunscreen Cream SPF 35 PA++. Ini cenderung cocok untuk kulit kering ya, karena dari segi tekstur dan kandungan, cukup melembabkan. Tidak mengandung alkohol, tapi masih ada fragrancenya.

Oke sekian dari aku tentang BASIC SKINCARE (skincare dasar), dan rekomendasi produk. Semoga membantu ya, dan ingat untuk pakai apa yang kamu butuhkan dulu!

Jika ada pertanyaan atau ingin berdiskusi, silahkan tinggalkan komentar dibawah ya!

Jessica Alicia's Beauty Blog

This is not a sponsored post.
All opinions are 100% my own.
Business/PR Inquiries : hello@jessicaalicia.com