Hair & Body Product Reviews

Kenali Rambut Rontokmu

Hai semua! Selamat datang di blogku ^^
Kali ini aku mau membahas sedikit tentang rambut! Jarang-jarang yah… hehehe

Rambut rontok ini adalah salah satu masalah rambut terbesar bagi para wanita Indonesia. Termasuk aku tentunya. Tapi rambut rontok itu tidak hanya rontok saja lho. Pasti ada sesuatu dan lain hal dibalik semuanya *heitts*
Untuk mengatasinya, kita perlu tahu apa yang menyebabkan rambut rontok tersebut.

Nah, jenis rambut rontok itu ada 2 macam; rontok dari akarnya (atau disebut dengan hair loss), dan patah (hair fall). Sebelum mencoba berbagai treatment dan lain-lain, kenali dulu rambut rontokmu. Apakah dari akarnya? Atau patah?

Rontok dari akarnya atau disebut hair loss, biasanya ditandai oleh kondisi kulit kepala yang kurang baik. Entah kulit kepala berminyak, atau akar yang kurang kuat. Berikut ini beberapa penyebabnya :
1. Penggunaan bahan kimia berlebihan. Misalnya smoothing, cat rambut, shampoo yang tidak cocok, alergi, dan lain-lain.
2. Makanan. Makan terlalu sedikit bisa menyebabkan kurangnya gizi, sehingga mengakibatkan rambut rontok.
3. Radikal bebas. Maksudnya apa? Radikal bebas adalah misalnya polusi, asap, sinar matahari berlebihan, dan sebagainya.
4. Hormon. Hormon misalnya pada ibu hamil atau saat menstruasi.
5. Stress. Terlalu banyak pikiran bisa menyebabkan kesehatan kita terganggu, sehingga rambut menjadi rontok.
6. Usia. Saat usia mulai lanjut, tubuh kita tidak lagi memproduksi hormon, pigmen, dan enzim sebanyak saat usia muda. Sehingga rambut rontok dan menipis adalah wajar, terutama pada laki-laki.
Hair loss dapat ditangani dengan cara tidak semir rambut/smoothing, mengurangi makanan tidak sehat, dan mengurangi stress. Tentunya juga harus menghindari sinar matahari langsung yang berlebihan. Dan juga jangan cuci rambut dengan air yang terlalu panas, serta jangan sisir rambut di saat basah. Gunakan produk rambut yang tepat, yaitu yang menguatkan akar rambut (hair tonic pun juga akan membantu).
Kenali Rambut Rontokmu by Jessica Alicia
source : google image
Rambut yang patah atau disebut hair fall, disebabkan oleh kondisi helai rambut yang kurang baik. Pada umumnya, karena kondisi rambut dan/atau kulit kepala yang kering. Helai rambut yang kering akan mulai pecah dan bercabang. Sehingga rambut patah dan menyebabkan kerontokan.
Rambut kering disebabkan karena berbagai faktor, diantaranya paparan sinar matahari berlebih, terlalu sering mengeringkan rambut dengan hairdryer, sering mencatok/keriting rambut, cuci rambut dengan air yang terlalu panas, dan sebagainya yang melibatkan “panas”.
Biasanya rambut patah bisa dilihat jika kita punya banyak rambut keriting kecil-kecil di bagian atas kepala, itu rambut yang sudah “patah”. Dan juga ukuran helai rambut kita tidak rata (1 helai, besar kecil, keriting, kasar). Itu berarti rambut dalam kondisi kering dan rusak. Dan juga rambut yang kering seperti ini, warnanya akan kemerah-merahan di bawah sinar matahari. Itu berarti rambutnya pecah-pecah.
Rambut yang seperti ini, harus ditangani dengan produk yang tepat. Tentunya dengan shampoo, conditioner, dan perawatan rambut lain yang ditujukan untuk rambut kering dan rusak, agar rambut kembali ternutrisi dan lembab.
Hati-hati dan jangan salah memilih produk rambut. Jika kita menggunakan produk hair loss untuk hair fall, rambut kita justru akan makin kering (karena biasanya hair loss kulit kepalanya berminyak, kan). Begitu juga sebaliknya, menggunakan produk hair fall untuk hair loss, kulit kepala dan rambut akan semakin berminyak dan kerontokan tidak teratasi.
Karena berdasarkan pengalaman pribadi, rambutku ini tipe yang hair fall. Rontok karena kering. Dan aku salah pilih shampoo yang ternyata untuk hair loss, jadi malah membuat kulit kepalaku kering dan makin rontok jadinya.
Kenali Rambut Rontokmu by Jessica Alicia
Jadi jangan salah memilih produk rambut. Kenali dulu rambutmu, masalah rambutmu, barulah mencari solusinya ^^ Jangan stress, perempuan memang rambutnya rontok kurang lebih 50-100 helai setiap harinya kok. Ingat, ini kuncinya : makan sehat, produk tepat, rawat. Jangan mengikat rambut terlalu kencang, jangan cuci rambut dengan air terlalu panas, jangan disisir saat basah, dan jangan sering-sering blow/catok. Biarkan kering sendiri aja 😀
Semoga sukses!
Thanks for visiting!
Xoxo,
Jessi ∞
Instagram & Twitter : @jessicaalicias
YouTube : Jessica Alicia
Facebook : Jessica Alicia
LINE : @its5805k 
 
 
Ps. What I wrote is my honest opinion.
Feel free to comment, ask for followback on GFC or Google+
Kindly like my facebook page and follow me on instagram! 
0 0