Review : Kleveru Vitamin C 10% Ferulic Serum

Kleveru Organics Vitamin C 10% Ferulic Serum by Jessica Alicia
July 1, 2021

Pastinya sudah nggak asing lagi kan dengan istilah “Vitamin C”? Nggak cuma vitamin yang untuk diminum aja, tapi Vitamin C juga sering ada di produk skincare dan dipakai ke kulit kita. Vitamin C punya sifat antioksidan yang tinggi banget, jadi manfaatnya juga banyak! Misalnya melindungi kulit kita dari kerusakan yang disebabkan sinar matahari (dengan bantuan sunscreen tentu aja), mencerahkan dan memudarkan noda hitam, khasiat anti-aging seperti mengurangi garis halus, dan memicu produksi kolagen.

Karena itu, aku suka banget pakai Vitamin C di skincare routineku! Terutama waktu pagi hari, aku pakai Vitamin C dan ditutup dengan sunscreen. Dengan itu, efek Vitamin C akan lebih maksimal~

Nah kali ini aku mau mereview salah satu produk vitamin C lokal yang aku lagi cobain, yaitu dari Kleveru Vitamin C 10% Ferulic Serum!

Kleveru Organics Vitamin C 10% Ferulic Serum by Jessica Alicia
Kleveru Organics Vitamin C 10% Ferulic Serum by Jessica Alicia

Deskripsi :

Isi : 15 ml, harga Rp 143.000

Vitamin C 10% Ferulic Serum adalah serum yang diformulasikan dengan tiga jenis antioksidan tinggi (10% Vitamin C, Ferulic Acid, dan Sea Buckthorn) untuk mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, menyamarkan bekas jerawat, hiperpigmentasi, flek hitam dan kerutan halus pada wajah. Juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV, serta merawat kehalusan dan kelembutan kulit wajah.

Cara penggunaan : setelah membersihkan wajah menggunakan facewash, aplikasikan toner pada wajah dan leher, selanjutnya usapkan vit c 10% ferulic ke seluruh wajah dan leher yang bersih secara merata, dilanjutkan menggunakan moisturizer.

Ingredients : Aqua, ascorbyl glucoside, Pentylene Glycol, Tromethamine, Ethoxydiglycol, Phenoxyethanol, Ferulic AcidHippophae Rhamnoides Fruit Extract, Disodium Edta, Hydroxyethylcellulose, Sodium Nitrate, Butylene Glycol

Biru : key ingredients

Kleveru Organics Vitamin C 10% Ferulic Serum by Jessica Alicia
Kleveru Organics Vitamin C 10% Ferulic Serum by Jessica Alicia

Pertama untuk kemasannya, ini dikemas khas Kleveru banget ya dengan warna dominan orange. Boxnya ada deskripsinya dan ingredients list juga, kemudian botolnya sendiri kecil ukuran 15 ml. Aplikatornya bentuk dropper seperti foto dibawah ini.

Oh iya, vitamin C ini derivat ya, bukan pakai pure vitamin C (L-Ascorbic Acid), tapi ini pakai Ascorbyl Glucoside. Ascorbyl Glucoside sendiri adalah turunan vitamin C, yang dia perlu dikonversi dulu oleh kulit kita sebelum bisa terpakai. Makanya dia cenderung lebih gentle, lebih nggak senendang vitamin C yang pakai Ascorbic Acid murni. Meski kadarnya 10%, karena dia derivat jadi masih oke untuk pemula sekalipun.

Kleveru Organics Vitamin C 10% Ferulic Serum by Jessica Alicia

Teksturnya bening, cair dan watery tapi begitu diaplikasikan ke kulit, dia ada feel tacky sedikit. Waktu aku teteskan ke wajah dan diratakan, dia berasa agak lengket gitu. Habis dibiarin beberapa menit, baru dia mulai nge-set dan meresap, dan nggak terlalu lengket lagi. Tapi aku pribadi nggak masalah, karena diatasnya juga aku bakal tumpuk moisturizer atau sunscreen, jadi nggak bakal berasa lengket.

Aku paling suka sih pakai langsung di step pertama habis cuci muka. Jadi aku skip toner, habis pakai serum ini aku lanjut moisturizer dan ditutup dengan sunscreen. Tapi kalau kamu mau pakai toner juga, boleh banget kok, bebas!

Waktu pemakaian juga nyaman, nggak ada rasa cekit-cekit sama sekali. Karena itu menurutku ini gentle dan bisa dipakai oleh semua jenis kulit juga.

Kleveru Organics Vitamin C 10% Ferulic Serum by Jessica Alicia

Sebenarnya pemakaian vitamin C itu boleh pagi malam kok, nggak masalah. Cuma kalau malam aku lebih suka fokus ke eksfoliasi, retinol, atau actives lainnya. Makanya untuk vitamin C aku khususkan buat pagi aja!

Aku sudah pakai serum ini sekitar sebulan lebih. Nggak tiap pagi juga sih, tapi cukup sering ya seminggu 4-5 kali. Aku pribadi suka serum ini, karena cukup gampang dipakai, nggak usah mikir, dan aku bisa padukan sama produk apa aja. Selain itu dari tekstur juga nggak terlalu berat dan cocok untuk dipakai di pagi hari. Tapi nggak ringan banget kayak air juga, masih ada rasa hidrasinya kok.

Untuk efeknya, pastinya aku nggak terlalu bisa menilai ya kalau soal melindungi dari kerusakan oleh sinar matahari. Karena itu kan jangka panjang dan susah dilihat dengan mata langsung. Tapi kalau untuk bantu mencerahkan, atau mengurangi kerut-kerut halus, aku sendiri belum merasa noticable. Mungkin di satu sisi dia derivat dan gentle, dan juga pemakaiannya juga nggak tiap hari banget. Tapi overall aku merasa nyaman sih pakai serum ini, karena feel nya enak di kulitku dan cocok! Karena itu aku bakalan lanjut pakai 😊 apalagi dia ada ferulic nya juga, yang nambahin efek antioksidannya.


Oke sekian dulu review Vitamin C 10% Ferulic Serum dari Kleveru. Semoga bermanfaat, dan kalau kamu mau cek produknya, bisa mampir ke Instagram Kleveru di @kleveruorganics, dan cek lewat Shopee mereka disini ya!

Instagram : @jessicaalicias
Tiktok : @skincarebyjessi
YouTube : Jessica Alicia
Facebook : Jessica Alicia

This post is sponsored by Kleveru.
What I wrote is 100% my honest opinion.
The information that I provide here is obtained by research through various sources.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *