Review Skincare Airnderm Aesthetic (Toner, Essence, Serum, Gel)

Airnderm Aesthetic Skincare Toner Essence Serum Gel Review by Jessica Alicia
April 8, 2021

Dari awal banget aku pertama main skincare, aku tipe orang yang hampir nggak pernah treatment ke klinik, dan juga hampir nggak pernah pakai skincare klinik. Yah aku belum ada masalah kulit yang perlu ditangani ke klinik sih. Selain itu, entah kenapa mindset kalau ke klinik itu bakalan dikasih “skincare yang keras”, ya kan?

Tapi, makin kesini makin banyak nih klinik yang bikin skincare OTC (over the counter), yaitu produk yang kita bisa beli dengan bebas, tanpa perlu resep dokter atau konsultasi, jadi sama kayak skincare yang biasa kita temuin di supermarket, toko kosmetik, dan sebagainya.

Airnderm Aesthetic Skincare Toner Essence Serum Gel Review by Jessica Alicia

Nah, salah satu klinik yang bikin skincare OTC adalah Airnderm ini by Airin Skin Clinic, yang akan aku review lengkap di post ini 😉

Kalau kamu lebih suka versi video daripada tulisan, aku juga ada review dalam bentuk video di Youtube, bisa klik dibawah ini untuk nontonin aku ngobrol! Tapi kalau mau baca aja, silahkan lanjut baca ya ^^

Airnderm Hydrating Primer Toner

Deskripsi dari Shopee Airinderm:

Isi : 100ml
Harga : Rp 100.000

HYDRATING PRIMER TONER adalah toner yang berfungsi untuk menghidrasi dan juga mengembalikan kelembaban kulit serta mempersiapkan kulit untuk produk skin care selanjutnya. Airnderm Aesthetic Hydrating Primer Toner, memiliki kelebihan dengan formulasi yang aman bagi pemilik kulit sensitif, yaitu formulasi NON ALCOHOL, NON PARABEN, NON SILICON, NON FRAGRANCE dan FUNGAL ACNE SAFE.

Hydrating Primer Toner berfungsi menghidrasi kulit, mengembalikan pH, dan melembabkan kulit. Apa saja kandungan bahan aktif didalamnya? Diantaranya: Glycerin, berfungsi untuk merawat kulit kering, melembabkan kulit, mencegah munculnya kerutan dan garis halus dan menjaga keseimbangan pH kulit. Sodium Hyaluronate, berfungsi mengunci kadar air kulit, meningkatkan hidrasi kulit dan menjaga elastisitas kulit. Aloe Vera, berfungsi untuk melembabkan kulit, menenangkan dan menghidrasi kulit. Panax Gingseng Root Extract, membantu menyeimbangkan kadar minyak dan air pada kulit, membantu meningkatkan produksi kolagen pada lapisan kulit.

Penggunaan : Pagi dan Malam hari atau sesuai kebutuhan, digunakan setelah penggunaan Balancing Toner dan sebelum Essence. Dengan cara tuangkan AIRNDERM AESTHETIC Hydrating Primer Toner pada tangan, 3-4 tetes. Lalu tepuk – tepuk ke wajah secara lembut dan perlahan sampai menyerap.

Komposisi : Aqua, Propanediol, Glycerin, Sodium Hyaluronate, Phenoxyethanol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Propylene Glycol, Panax Ginseng Root Extract, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, Xanthan Gum.

Biru : Key Ingredients

Menurutku, ini hydrating toner yang amat sangat simpel. Kamu bisa lihat dari ingredients listnya, pendek banget nggak sampai 15. Jadi ini intinya ya hydrating toner yang tugasnya untuk menghidrasi dan melembabkan, nggak aneh-aneh deh!

Untuk kemasannya, berbentuk botol berbahan plastik seperti foto di atas ini. Kelihatannya kayak kaca ya tapi ini sebenarnya plastik, jadi ringan banget. Tutupnya bentuk putar, dan di dalamnya ada segel lagi seperti foto dibawah. Jadi lebih aman, nggak gampang tumpah meski dibawa pergi-pergi juga. Suka sih packagingnya!

Teksturnya lebih ke viscous dan kental ya, jadi dia nggak cair kayak air. Nah karena kental itu, hidrasinya enak banget! Aku pribadi lebih suka toner dengan tekstur kental karena dia lebih nampol hidrasi dan lembabnya, nggak langsung menguap gitu. Biasanya aku pakainya dituang ke telapak tangan, dan aku tap-tap ke kulit. Kalau pakai kapas agak kurang enak sih menurutku karena dia kental, jadi banyak yang keserap di kapasnya.

Karena ini no fragrance, otomatis nggak ada aromanya ya. Ada sih sedikiiiiit aroma… chemical? Kayak aroma kimia gitu 😂 tapi sedikit banget dan hampir nggak tercium waktu dipakai kok, jadi nggak masalah sama sekali buatku.

Aku sudah pakai toner ini sebulan lebih, dan aku sukaaaa banget! Ini toner simpel yang bisa aku pakai kapanpun dimanapun, tanpa perlu kuatir dia bakal “nabrak” sama skincare yang aku layer setelahnya. Jadi bisa digabung sama apa aja di skincare routine. Hidrasinya oke, lembabnya oke, aku bisa pakai 1x layer atau bisa dilayer lagi (tunggu kering, terus pakai lagi) kalau mau lebih lembab. Overall aku suka!

Airnderm Advanced Brightener Essence

Deskripsi dari Shopee Airinderm:

Isi : 40ml
Harga : Rp 195.000

Advance Brightener Essense merupakan serum yang sangat direkomendasikan untuk mencerahkan kulit dengan hasil yang lebih baik karena kombinasi whitening agent serta berbagai antioksidan alami yang diambil dari ekstrak tumbuhan, mengandung berbagai macam bahan aktif lainnya seperti moist agent serta sebum excess reducer, efektif untuk kulit normal, kulit berminyak dan juga berjerawat ringan.

Penggunaan : Oleskan Airnderm Aesthetic Advanced Brightener Essence secara tipis dan merata pada kulit wajah anda dan pada daerah yang terdapat noda hitam. Gunakan 2x sehari untuk hasil yang maksimal.

Komposisi : Aqua, Propylene Glycol, Butylene Glycol, Arbutin, Citric Acid, Sodium Sulfite, Acetyl Tyrosine, Saxifraga Sarmentosa ExtractPaeonia Suffruticosa Root ExtractAminopropyl Ascorbyl Phosphate, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Glutathione, Glycerin, Niacinamide, PEG-400, Vitis Vinifera Seed Extract, Lecithin, Linoleic Acid, Tocopheryl Acetate, Sodium Ascorbyl Phosphate, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Tocopherol, Alcohol, Sodium Hyaluronate, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, Aminoethylphosphinic Acid, Sodium Methylparaben, Xanthan Gum, Carbomer, Aminomethyl Propanol, Methylparaben, Sodium Metabisulfite, Disodium EDTA, Sodium Bisulfite

Biru : Key Ingredients

Kalau yang ini, dia essence dan nggak se-simpel tonernya ya, sesuai namanya juga “Advanced Brightener Essence”. Ini lebih fokus ke brightening atau mencerahkan, dan dari ingredients juga banyak yang berfungsi untuk mencerahkan (seperti niacinamide, arbutin, vitamin C, dan beberapa ekstrak tumbuhan).

Kemasannya lebih “elegan” juga, bentuk botol dengan tube, jadi bukan yang model dituang. Ada tutup beningnya, jadi lebih aman kalau dibawa pergi atau traveling, menghindari nggak sengaja ketekan.

Nah yang aku agak bingung, ini ukurannya mirip sama Hydrating Primer Toner tadi. Tapi ini isinya cuma 40 ml, cukup sedikit sih. Mungkin bagian dalamnya lebih kecil kali ya?

Teksturnya ini kental juga, dan sedikit lebih kental kalau dibandingkan sama Hydrating Primer Toner tadi. Tapi masih tergolong cair sih karena ini essence, nggak sekental serum. Aromanya juga sama, karena no fragrance jadi ada sedikit aroma-aroma chemical 🤣

Aku sudah pakai ini sebulan lebih juga, tapi on off sih ya nggak tiap hari banget. Aku pernah coba juga bareng sama produk pencerah lain (kayak eksfoliasi rutin, vitamin C, serum arbutin dll), dan pernah juga aku pakai sendiri tanpa kombinasi skincare pencerah lain. Nah kalau aku pakai sendiri, aku kurang melihat efek brighteningnya sih. Mungkin karena ini essence jadi nggak terlalu nampol kali ya. Bakal lebih kelihatan kalau digabungkan dengan skincare routine kamu yang memang ditargetkan untuk mencerahkan juga. Jadi seperti rutin eksfoliasi, pakai serum dengan kandungan pencerah, rajin pakai dan reapply sunscreen, baru lebih kelihatan lah. Jadi kalau menurutku, kalau kamu lagi nyari tambahan essence buat diselipin di skincare routine kamu untuk bantu mencerahkan, ini bolehlah.

Airnderm Glass Skin Serum

Airnderm Aesthetic Skincare Toner Essence Serum Gel Review by Jessica Alicia

Deskripsi dari Shopee Airinderm:

Isi : 20 ml
Harga : Rp 129.000

Serum yang akan membuat kulitmu memiliki tampilan “Glass Skin” dengan membantu menyamarkan noda-noda gelap pada wajah akibat paparan sinar matahari dan bekas jerawat sehingga kulit nampak lebih bersih dan cerah serta memiliki skin barrier yang kuat membantu memutihkan dan mencerahkan kulit wajah. Dapat digunakan oleh semua jenis kulit kecuali sedang dalam kondisi berjerawat.

Penggunaan : Baik digunakan pada Malam hari, Namun dapat juga digunakan pada pagi hari sesudah penggunaan toner/essence.

Komposisi : Aqua, Butylene glycol, Niacinamide, Tranexamic acid, Betaine, Propylene glycol, Panthenol, Inositol, Phenoxyethanol, Acrylates/ C10-30 alkyl acrylate crosspolymer, PEG-12 dimethicone, Arginine, Alpha-arbutin, Aloe Barbadensis leaf extract, Allantoin, Disodium EDTA, Ethylhexyglycerin, Allium cepa bulb extract, Sodium hyaluronate.

Biru : Key Ingredients

Airnderm Aesthetic Skincare Toner Essence Serum Gel Review by Jessica Alicia

Iya, ini juga produk mencerahkan 🤣 entah kenapa aku kebetulan punya banyak produk mencerahkan ya dari Airnderm ini. Ini serum yang fokusnya untuk mencerahkan dan memudarkan bekas jerawat atau hiperpigmentasi, tapi dia juga bantu memperkuat skin barrier juga (meski bukan tujuan utamanya). Dia ada beberapa ingredients brightening kayak tranexamic acid, niacinamide, dan alpha arbutin.

Kemasannya bentuk botol berbahan kaca seperti ini, dengan aplikatornya bentuk dropper.

Teksturnya menurutku cukup kental dan tacky/lengket ya, terutama beberapa detik habis diaplikasikan. Biasanya aku pakai ini langsung aku tetes di wajah (tentunya dropper ga nyentuh kulit ya) sekitar 3-4 tetes, terus aku ratakan dengan tangan. Nah waktu meratakan, itu terasa agak lengket. Jadi biasanya aku lebih suka biarin nge”set” dulu sekitar 1 menit, dia mulai hilang lengketnya, baru aku lanjut ke skincare berikutnya.

Aromanya, lagi-lagi sama ya karena ini no fragrance, hampir nggak ada aromanya.

Di kemasan atau di websitenya nggak diinfokan ini niacinamidenya berapa persen ya, tapi sejauh ini aku coba pakai setelah eksfoliasi, pakai barengan sama vitamin C, atau aku pakai tiap hari sih nggak ada masalah. Tapi silahkan sesuaikan sama kulit kamu ya.

Menurutku ini efek brighteningnya sedikit lebih kelihatan kalau dibandingkan sama essence tadi, soalnya ini mungkin lebih “intens” karena bentuk serum ya. Jadi menurutku oke kalau kamu punya keluhan kayak bekas jerawat, serum ini bisa dicoba (meski tentunya hasilnya nggak instan). Tentunya harus dibantu juga sama usaha lainnya kayak rutin ekfoliasi, pakai sunscreen yang rajin juga.

Di penjelasannya, ini nggak disarankan untuk yang berjerawat, bukan sih karena ini ada kandungan yang ga boleh dipakai kulit berjerawat. Tapi menurutku lebih ke karena kalau kulit berjerawat memang harusnya mengatasi jerawatnya dulu ya sebelum fokus ke bekasnya.

Airnderm Niacinamide Gel

Deskripsi dari Shopee Airinderm:

Isi : 10 gr
Harga : Rp 70.000

Niacinamide Gel adalah sediaan produk OTC dari Airin yang sudah terdaftar BPOM dan Halal MUI, dengan bentuk sediaan gel. Memiliki fungsi untuk merawat kulit karena mengandung Pro Vitamin B3 dan Moisturizer. Merawat kelembutan dan kelembaban kulit, serta membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat dan meratakan warna kulit,
Zat aktif yang terkandung di dalam nya antara lain :
• Niacinamide atau nama lainnya Vitamin B3 / Nicotin Yang berfungsi meningkatkan elastisitas kulit, menghidrasi kulit, melembabkan kulit, memperkuat skin barrier, membantu menjaga kesehatan kulit baik dari radikal bebas ataupun bakteri, mengurangi produksi sebum berlebih selain itu jika rutin di gunakan dapat membantu mengurangi komedo , mencerahkan kulit dan memudarkan flek atapun bekas jerawat.
• Aloe Barbadensis Leaf Extract Membantu melembabkan kulit dan mencegah kulit dehidrasi serta meningkatkan kesehatan kulit
• Sodium Hyaluronate Suatu zat aktif dengan sifat humectant yaitu mengikat dan menarik air dari lingkungan sekitar Sehingga kelembaban terkunci di dalam kulit.

Penggunaan : dapat digunakan pagi dan malam hari sebelum serum, pelembab, krim malam atau sunscreen. Diformulasikan untuk semua jenis kulit.

Komposisi : Aqua, Butylene glycol, Niacinamide, Betaine, Propylene Glycol, Panthenol, Phenoxyethanol, Acrylates/C10-30 Alkyl acrylate crosspolymer, Arginine, Aloe barbadensis leaf extract, Disodium EDTA, Ethylhexylglycerin, Sodium hyaluronate.

Biru : Key Ingredients

Ini kayaknya sih bisa dibilang produk favoritku dari Airnderm sejauh ini. Soalnya, ini intinya basic gel moisturizer yang mengandung niacinamide, dengan tekstur super ringan dan bisa dikombinasikan sama apa aja (di kulitku) 😊 Menurut informasi dari pihak Airnderm nya, niacinamide disini kadarnya 5%.

Kemasannya cukup basic ya, dia bentuknya jar plastik berwarna putih dengan isi 10 gram, dan tutupnya model diputar. Didalamnya ada segel plastik lagi dan ada spatula kecilnya buat ngambil produknya. Nah menurutku 10 gram itu sedikit sih, cepet banget habisnya. Jadi semoga Airnderm mau bikin versi yang agak besar XD

Tekstur gelnya bening seperti foto di atas ini. Waktu diratakan, dia burst into water, kayak watery gitu dan sangat ringan, cepat meresap di kulit juga. Menurutku dia nggak 100% gel kayak aloe vera gel gitu, yang begitu diaplikasikan langsung hilang sempurna. Niacinamide gel ini masih terasa hidrasinya di kulit, dan nggak langsung hilang gitu aja. Untuk aroma, ini juga nggak ada aroma apa-apa ya.

Menurutku sih ini moisturizer yang pas banget kalau misalnya aku lagi layering banyak produk. Contohnya aku udah pakai hydrating toner beberapa layer, essence, terus serum. Terus aku berencana mau pakai face oil lagi, nah Niacinamide Gel ini pas soalnya nggak lembab-lembab banget dan aku butuh yang ringan kalau aku udah layering banyak kayak gitu. Atauuuu kalau kamu kulitnya sangat berminyak dan pingin cari moisturizer gel, tapi nggak mau yang langsung hilang kayak aloe vera gel, ini nih oke banget.

Selain hidrasi, niacinamidenya kan juga bantu untuk skin barrier dan mencerahkan ya. Terus ada panthenol, aloe leaf extract, yang bantu untuk calming juga, jadi sebenernya semua jenis kulit juga oke. Kadang aku juga suka pakai niacinamide gel ini sebagai “pre-moisturizer”. Jadi habis pakai ini, aku pakai moisturizer lagi diatasnya untuk nge-seal. Ini bisa sebagai tambahan hidrasi dan bahkan pengganti serum niacinamide (soalnya kadarnya udah 5%).


Oke sekian reviewku untuk 4 produk dari Airnderm Aesthetic. Menurutku produk-produk mereka ini basic dan simpel ya, nggak terlalu banyak ingredients dan mayoritas mungkin oke di kulit sensitif. Produk favoritku, Niacinamide Gel dan Hydrating Primer Tonernya ❤

Kalau kamu mau ngecek, bisa ke Instagram @airnderm atau langsung ke Shopeenya dengan klik nama produknya dibawah ini :
Hydrating Primer Toner
Brightener Essence
Glass Skin Serum
Niacinamide Gel

Sebelum beli bisa konsultasi atau tanya-tanya dulu kok ke mereka kalau masih bingung. Okey segitu dulu dari aku, terima kasih sudah mampir!

Jessica Alicia's Beauty Blog

Instagram : @jessicaalicias
Tiktok : @skincarebyjessi
YouTube : Jessica Alicia
Facebook : Jessica Alicia

This post is sponsored by Airnderm.
What I wrote is 100% my honest opinion.
The information that I provide here is obtained by research through various sources.

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *