Berminyak, Jerawat, Kombinasi, Kulit Kusam, Normal, Product Review, Serum, Skincare Reviews, Tipe Kulit

Serum Lokal Viral dari Scarlett Whitening [Review]

Hai semua, lama nggak berjumpa ya, kayaknya aku sudah agak lama nggak nulis blog >.< Di post kali ini, aku mau mereview salah satu serum yang lagi viral banget, yaitu Serum dari Scarlett Whitening! Kamu pasti sudah tahu kan tentang Scarlett Whitening, brand body care yang populer banget. Aku sudah pernah mereview bodycarenya (lotion, scrub, sabun) di post ini. Nah, mereka ngeluarin produk skincare juga yaitu serum.

Aku punya 2 varian nih, yaitu Brightly Ever After Serum dan Acne Serumnya. Kenapa kok serum ini kok bisa viral? Karena ini serum yang kalau dilihat-lihat kandungannya lumayan oke ya. Selain itu harganya juga terjangkau banget.

Aku akan bahas mulai dari ingredients dan deskripsi, kemasan, tekstur, dan juga bagaimana performanya di kulitku!

Scarlett Whitening Serum by Jessica Alicia-1

Scarlett Whitening Acne Serum

Aku akan bahas Acne Serumnya dulu ya. Berikut ini klaim dari Scarlett Whitening :

Di dalam Acne Serum terdapat kandungan Tea Tree Leaf Water, Salicylic Acid, Jeju Centella Asiatica, Liquorice Extract dan Vitamin C yang dimana bermanfaat sebagai :
1. Membantu menyembuhkan jerawat meradang, jerawat batu, kulit kemerahan dan iritasi.
2. Membantu meregenerasi dan menjaga kulit yang sensitive tanpa menimbulkan iritasi.
3. Membantu menenangkan kulit, menghaluskan dan juga membantu memudarkan bekas jerawat atau luka.
4. Membantu mencerahkan kulit secara aman karena menggunakan Liquorice Extract dan Vitamin C yang juga berfungsi sebagai anti oxidant + anti pollution.
5. Membantu mengontrol kadar minyak berlebih di kulit.

Cara Pakai : Teteskan 2-3 tetes serum, usap dan pijat secara perlahan sampai merata pada kulit wajah. Diamkan beberapa saat agar serum meresap ke kulit.

Ingredients :
Aqua, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Water, Annona Cherimola Fruit, Isopentyldiol, Centella Asiatica Extract, PEG-8, Phenoxyethanol, Salicylic Acid, Ascorbyl Glucoside, Aminomethyl Propanol, Hydroxyethylcellulose, 1,3 Butylene glycol, Pentane-1,2-Diol, Di Na EDTA , Ethylhexylglycerin, Isostearamidopropyl Ethyldimonium Ethosulfate, Sodium Hydroxide, Sodium Citrate, 1.2 Hexanediol, Tamarindus Indica Seed Gum, Biosaccharide Gum-1, Phenylpropanol, Sodium Dehydroacetate, Propylene Glycol, Citric Acid, 2-Amini-1-Butanol, Glycyrrhiza Uralensis(Licorice) Root Extract, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Carthamus Tinctorius (Safflower) Seed Oil

Biru : Key Ingredients

Kalau dari kandungannya, menurutku cukup oke lah. Nothing extraordinary, tapi kamu bisa dapat kandungan yang cukup bagus untuk harganya yang cenderung terjangkau ya. Untuk kandungan utamanya yaitu Salicylic Acid, bagus untuk membantu mengurangi jerawat, komedo, dan membersihkan pori-pori. Selain itu ada Vitamin C derivative (Ascorbyl Glucoside) membantu sebagai antioksidan dan mencerahkan. Tapi, semuanya nggak dituliskan kadar atau persentasenya, jadi cukup sulit untuk mengira-ngira apakah ini bisa digunakan semua orang atau tidak.

Tapi, karena posisi di ingredients list dia tepat dibawahnya Phenoxyethanol (pengawet yang diatur oleh BPOM maksimal 1%), kira-kira Salicylic Acid dan Vitamin C nya 1% atau dibawahnya. Salicylic Acidnya lumayan lah, nggak kecil banget tapi nggak tinggi banget juga. Tapi Vitamin C dibawah 1% itu sangat rendah, jadi mungkin tidak banyak berpengaruh.

Kemasannya cukup sederhana, dikemas dengan box berwarna keunguan, dengan tulisan Scarlett Whitening Acne Serum dan deskripsi serta ingredients list di bagian belakang. Kalau boxnya dibuka, ada plastik seperti mika ini. Mungkin untuk menahan botolnya supaya nggak mudah pecah ya. Tapi menurutku agak aneh aja sih, soalnya aku nggak pernah lihat kemasan plastik mika kayak gini 🤣 Botolnya sendiri berbahan kaca, dengan dropper sebagai aplikatornya.

Menurutku serum Scarlett ini isinya cukup sedikit ya, hanya 15 ml sebotolnya, jadi akan cepat habis terutama kalau digunakan tiap hari, menurutku 1-2 bulanan aja sudah habis.

Scarlett Whitening Acne Serum ini warnanya bening, dan teksturnya agak cair, tapi nggak cair banget kayak air sih. Kalau diratakan di kulit, meresapnya lumayan cepat jadi nggak terasa lengket.
Aromanya ini yang menurutku sedikit aneh ya. Mungkin karena ini fragrance-free, jadi nggak ada aroma wanginya. Susah dideskripsikan, tapi kayak aroma kimia gitu 😂 aku pribadi nggak terlalu terganggu sih karena bagus juga dibuat fragrance-free, mengurangi 1 kandungan yang berpotensi mengiritasi orang yang kulitnya sensitif.

Setelah aku pakai Acne Serum ini selama 1-2 mingguan, aku merasa jerawatku sedikit lebih cepat kempes ya (aku memang lagi agak jerawatan di sudut dahi). Jerawatku ini cenderung kecil-kecil, bukan yang jerawat batu tapi lebih ke komedo putih gitu. Nah selain itu, aku nggak melihat ada perubahan di komedo atau atau memudarkan bekas jerawat.

Menurutku Acne Serum dari Scarlett Whitening ini cukup oke untuk kamu yang kulitnya cenderung berminyak, ada jerawat, dan mau mencoba Salicylic Acid di skincare routine kamu. Cocok lah untuk pemula. Tapi kalau untuk komedo ini kurang mantep ya menurutku, karena Salicylic Acidnya juga nggak tinggi kadarnya.


Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum

Nah lanjut ke serum kedua yaitu Brightly Ever After! Berikut ini klaim dari Scarlett Whitening :

Di dalam Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum terdapat kandungan Phyto Whitening, Glutathione, Vitamin C, Niacinamide dan Lavender Water yang dimana bermanfaat sebagai :
1. Membantu mencerahkan kulit dan memudarkan noda di wajah seperti hiperpigmentasi, bekas jerawat, flek dan bekas luka.
2. Membantu mengontrol kadar minyak berlebih di kulit, membantu mengeceilkan pori-pori, mengimprovisasi warna kulit, menghaluskan kerutan dan juga garis di kulit.
3. Membantu menutrisi dan melembabkan kulit.
4. Membantu membuat kulit menjadi lebih relax dan calm.
5. Bekerja sebagai antioxidant dan juga sebagai anti pollution.

Cara Pakai : Teteskan 2-3 tetes serum, usap dan pijat secara perlahan sampai merata pada kulit wajah. Diamkan beberapa saat agar serum meresap ke kulit.

Ingredients :
Aqua, Nicotinamide, 1,3 Butylene glycol, Lavandula Angustifolia (Lavender) Water, Ascorbyl Glucoside, Arisaema Amurense Extract, 2-Phenoxyethanol, Hydroxyethylcellulose, Glutathione, Aminomethyl Propanol, Ethyl Macadamiate, Decyl Glucoside, Pentane-1,2-Diol, Di Na EDTA, Ethylhexylglycerin, Tamarindus Indica Seed Gum, Biosaccharide Gum – 1, 1,2-Hexanediol, 2-Amini-1-Butanol, Tocopherol, Malic Acid, Ci 16255

Biru : Key Ingredients

Kandungan utamanya ini Nicotinamide (niacinamide) dan juga Vitamin C derivative (Ascorbyl Glucoside). Kandungan Ascorbyl Glucoside di serum ini lebih tinggi daripada yang di Acne Serum ya, dan ada Glutathione yang berfungsi untuk mencerahkan dan sebagai antioksidan juga. Sama seperti Acne Serumnya, semuanya nggak dituliskan persentasenya, jadi cukup sulit untuk mengira-ngira apakah ini efektif atau tidak. Tapi mungkin niacinamide nya sih yang lumayan di serum ini.

Kemasannya ini sama seperti Acne Serumnya, hanya yang Scarlett Whitening Brightly Ever After ini warnanya pink! Lucu banget yaa 💕 ada tulisan nama produk, deskripsi serta ingredients list di boxnya. Botolnya sama-sama kaca, dan ukurannya juga 15 ml.

Brightly Ever After serum ini warnanya sedikit lebih pink daripada yang Acne Serum (bening), kalau dilihat dari kandungannya ini memang ada pewarnanya ya. Teksturnya sedikit lebih kental, jadi sedikit lebih lengket waktu diaplikasikan ke wajah. Nggak terlalu mengganggu kok, kalau ditunggu sebentar atau ditumpuk skincare lain dia juga langsung menyerap.
Aromanya juga mirip Acne Serumnya, agak seperti aroma kimia 😂 tapi ini sedikit lebih tercium, mungkin karena lavender waternya juga ada aroma khasnya.

Aku pakai Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum ini juga sudah 1-2 mingguan, waktu pagi hari karena ada vitamin C nya yang bagus sebagai antioksidan untuk pagi hari. Sejauh ini aku juga belum melihat perkembangan sih, tapi juga nggak ada efek negatif di kulitku. Mungkin di satu sisi karena aku sudah sering pakai Vitamin C dengan kadar yang tinggi ya 😂 Menurutku ini lumayan oke untuk kamu yang baru mau coba-coba serum dengan niacinamide dan Vitamin C, bolehlah mencoba serum ini.


Sekian reviewku 2 serum dari Scarlett Whitening ini. Oh iya, kedua serum ini harganya sama-sama Rp 75.000, dan sudah terdaftar BPOM tentunya. Kalau kalian kepo dan mau coba juga, bisa cek Shopee Scarlett Whitening ya untuk pembelian dan info tentang produk-produk mereka. Atau bisa klik disini >> Acne Serum & Brightly Ever After Serum.

Thanks for visiting!

Instagram : @jessicaalicias
Tiktok : @skincarebyjessi
YouTube : Jessica Alicia
Facebook : Jessica Alicia

Post ini disponsori oleh Scarlett Whitening.
Semua yang aku tulis adalah 100% opini dan pengalaman jujurku.

Dilarang mengambil, menduplikasi, dan mengedit isi post ini tanpa ijin tertulis dari Jessica Alicia

3 0