Tips Skincare

Apa Kriteria Sabun Wajah (Facial Wash) yang Bagus?

Sabun wajah, atau biasa disebut juga facial wash ini satu tahap skincare yang cukup dasar ya. Semua orang pasti cuci muka kan, baik itu remaja, sudah tua, cowok, cewek, pasti cuci muka deh. Nah tapi meskipun gampang banget, ini tahap yang cukup krusial lho. Karena wajah yang bersih bebas dari debu dan kotoran, pastinya akan terjaga kesehatannya. Selain itu, produk skincare yang akan dipakai setelahnya juga akan diterima kulit dengan lebih maksimal.

TAPIIIII! Karena ini tahap yang “gampang” banget, orang-orang banyak yang menyepelekan nih.
“Ah, pakai apa ajalah pokoknya cuci muka!”
“Cari yang murah aja deh, ga tau cocok atau enggak.”
“Ngapain ribet nyariin sabun muka, orang cuma nyuci doang”

Padahal, bisa dibilang cuci muka itu tahap skincare yang paling “merusak” kulit. Karena ini mencuci kan, mengambil sesuatu dari kulit kita, dan kalau nggak dilakukan dengan tepat, ini bakal bikin kulit kurang sehat. Ibaratnya sama deh kayak cuci baju. Kalau cuci baju berwarna terus deterjennya salah, pasti warnanya bisa rusak kan? Kurang lebih seperti itu! Karena itu harus hati-hati, jangan sampai salah pilih sabun wajah.

Ilustrasi mencuci wajah

Berikut ini adalah 4 kriteriaku untuk sabun wajah yang baik digunakan! Please note ini adalah opini aku pribadi ya.

  1. Tidak membuat wajah terasa kering, kesat, atau ketarik setelah dibilas
    Kulit kita seharusnya nggak boleh dibuat kering atau kesat, karena kulit masih perlu kelembaban dan minyak alami supaya tetap sehat dan kuat. Karena itu, sabun wajah yang membuat kulit terasa kering itu sudah kurang baik untuk kesehatan kulit kita.
  2. Membersihkan sisa sunscreen, kotoran, dan minyak berlebih di wajah dengan baik
    Sabun wajah mengandung yang namanya “surfaktan”, atau kayak deterjen gitu deh. Yang tugasnya untuk membersihkan dan mengangkat sisa sunscreen, kotoran, dan minyak di wajah. Kalau sabun wajah tsb nggak bisa membersihkan dengan baik, berarti kurang mantep tuh.
  3. Tidak membuat breakout atau timbul jerawat/beruntusan
    Ini sih sudah pasti ya, kalau timbul breakout atau jerawat yang dikarenakan sabun wajah itu, sudah pasti nggak cocok. Sabun muka seharusnya tidak membuat purging atau “detox”. Nggak ada detox kulit dari sabun muka :’)
  4. Tidak membuat wajah terasa perih, gatal, panas, atau sensasi tidak nyaman lainnya
    Ini juga sudah pasti ya, kalau terasa sakit atau perih, bisa jadi iritasi atau alergi!

Nah, itu saja! Cukup mudah kan kriterianya? Aku kalau cari sabun muka nggak muluk-muluk kok. Nggak perlu bisa mencerahkan, menghilangkan beruntusan, membasmi jerawat dan lain-lain. Cukup pokoknya bersih tapi gentle dan lembut di kulit.

Tapi nyatanya masih banyak sekali sabun wajah yang belum sesuai dengan kriteriaku ini, terutama nomor 1. Masih banyak sekali sabun yang keras dan bikin wajahku terasa kering, kesat, dan bahkan mengelupas. Karena itu, yuk kita sama-sama lebih memperhatikan sabun wajah kita! Dengan pemilihan sabun wajah yang gentle, maka kulit kita akan lebih sehat karena kelembaban alaminya tetap terjaga.

Thanks for visiting!

Instagram : @jessicaalicias
Tiktok : @skincarebyjessi
YouTube : Jessica Alicia
Facebook : Jessica Alicia

0 0