Retinol untuk Pemula! Avoskin Miraculous Retinol Toner [REVIEW]

July 26, 2020

Beberapa waktu lalu aku sudah sempat mereview Miraculous Refining Toner dari Avoskin. Nah, kali ini aku berkesempatan untuk coba yang Retinol Toner. Kemasannya memang mirip sekali, tapi beda ya fungsinya! Avoskin Miraculous Retinol Toner ini adalah skin care anti-aging yang bisa digunakan mulai usia 20 tahun. Aku sudah 23 tahun, jadi aku mulai pakai retinol di skincare routineku, supaya kulitku lebih awet muda.

Apa itu Retinol?

Kandungan utama yang di-highlight oleh Avoskin adalah Retinol. Retinol adalah kandungan yang sangat populer di dunia skincare, karena memang sudah terbukti secara ilmiah manfaatnya dan banyak sekali penelitian tentang retinol. Retinol bisa mendorong produksi kolagen di kulit, mempercepat regenerasi sel kulit, sehingga kulit lebih terlihat kenyal dan awet muda.

Nah, yang di dalam Avoskin Retinol Toner ini bukan retinol biasa tapi Actosome Retinol, yang 50% minim iritasi di kulit dibandingkan dengan Retinol umumnya. Selain itu, juga ada peptide yang juga berfungis sebagai anti-aging, karena peptide ini fungsinya sebagai “fondasi” untuk protein di kulit kita seperti kolagen, elastin, dan keratin, jadi kulit kita akan lebih kenyal dengan peptide.

Ingredients : Water, Propylene Glycol, Niacinamide, Glycerin,  Polysorbate 20, Phenoxyethanol, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Polyglyceryl-2 Stearate, Caprylic/Capric Triglyceride, Glyceryl Stearate, Stearyl Alcohol, Camellia Sinensis (Green Tea) Leaf Extract, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Polyglutamic Acid, Tetrasodium EDTA, Retinol, Hydrogenated Lecithin, Ethylhexylglycerin, Cholesterol, Xanthan Gum, Tocopheryl Acetate, Rubus Idaeus (Raspberry) Fruit Extract, BHT, Punica Granatum (Pomegranate) Fruit Extract, Butylene Glycol, Phaseolus Radiatus Seed Extract, BHA, Avena Sativa (Oat) Meal Extract, Palmitoyl Hexapeptide-12

Ingredients warna pink: Key Ingredients
Ingredients warna biru: Fungal Acne Trigger

Cara Pemakaian : Aplikasikan pada kulit dengan kondisi bersih di malam hari, dan pakai sunscreen keesokan harinya. Toner ini dipakai cukup hanya seminggu 2-3x, tidak perlu tiap hari. Untuk pemula, bisa dicoba seminggu 2x dulu, dan tingkatkan frekuensinya perlahan.

Dari segi kemasan, ini mirip banget sama yang Miraculous Refining Toner ya, jadi hati-hati tertukar, apalagi kalau kalian punya dua-duanya! Kemasannya berbentuk botol berwarna kecoklatan, mungkin juga untuk melindungi produk dari oksidasi. Cara mengeluarkan produknya, tinggal dituangkan saja ke telapak tangan.

Teksturnya cukup kental, dan berwarna sedikit putih (tidak bening). Karena teksturnya yang kental, ini agak sulit dikeluarkan dari botolnya ya, jadi nuangnya harus dengan energi agak banyak 😂

Menurutku bisa dibilang teksturnya mirip sama “essence” ya, jadi nggak secair toner pada umumnya. Tapi meski kental, toner nggak lengket atau terasa berat di wajahku.

Aku sudah pakai retinol toner ini selama kurang lebih 4 minggu. Nggak setiap hari, cuma 2-3 kali aja seminggu. Berikut ini foto dari minggu pertama sampai keempat #1MonthUsingRetinol.

Yes, dari foto ini memang minggu ketiga dan keempat wajahku breakout, tapi ini bukan karena produknya ya, ini karena lagi kedatangan tamu bulanan 😂

Memang foto progress selama beberapa minggu ini agak sulit ya untuk menentukan apakah produk ini bekerja atau tidak, karena menurutku sendiri juga kulitku tidak ada banyak perubahan. Tapi aku bisa bilang bahwa Retinol Toner ini cukup bagus kalau kalian baru mau mencoba pakai retinol di skincare routine. Ini persentasenya cukup rendah (0,09%), dan potensi iritasinya juga rendah, dari segi kandungan juga oke, jadi cocok untuk pemula.

Oh iya, selain itu, retinol toner ini juga diformulasikan dengan niaciamide yang bisa membantu mencerahkan dan menyehatkan kulit secara menyeluruh.

Kalau untuk yang usianya sudah diatas 30 tahun, menurutku ini agak kurang ya karena usia lebih tua akan butuh retinol yang kadarnya lebih tinggi.


Sekian reviewku untuk Avoskin Miraculous Retinol Toner ini. Kalau kalian kepo dan mau coba juga, bisa cek di website Avoskin ya untuk pembelian dan info tentang produk-produk mereka.

Thanks for visiting!

Instagram : @jessicaalicias
Tiktok : @skincarebyjessi
YouTube : Jessica Alicia
Facebook : Jessica Alicia

This post is sponsored by Avoskin.
What I wrote is 100% my honest opinion.

Tags: , ,

4 thoughts on “Retinol untuk Pemula! Avoskin Miraculous Retinol Toner [REVIEW]”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *