3 Skincare yang Harus Dipakai Sejak Remaja + Rekomendasi Produk

3 Skincare yang Harus Dipakai Sejak Remaja dan Rekomendasi Produk! by Jessica Alicia
May 14, 2020

Aku sudah mengenal skincare dan makeup sejak dari jaman remaja, waktu aku umur 15 tahun. Tapi dulu aku cuma sekedar “tau” aja, aku nggak benar-benar mengerti dan paham apa yang aku pakai di wajahku, alhasil aku sering banget breakout dulu. Apalagi kulit remaja kan, berminyaknya minta ampun!

Kalau kamu merasakan hal yang sama, TENANG! Aku bakal membantu kamu hari ini, dan pastikan kamu baca post ini sampai akhir ya, aku akan bagikan skincare apa yang harus kamu pakai sedari remaja + rekomendasi produk favoritku.

1. Pembersih Wajah

Tentu saja pembersih wajah wajib banget dipakai dari remaja, karena kulit kamu pastinya sering berkeringat, terkena debu, apalagi di sekolah. Jika tidak dibersihkan dengan baik, pastinya kotoran dapat menumpuk dan menyebabkan masalah kulit.

Eits, tapi bukan pembersih wajah sembarangan! Kamu harus menemukan pembersih wajah yang nggak bikin wajah kering/keset, apalagi yang menyebabkan rasa “ketarik” habis cuci muka, NO! Cari sabun wajah yang lembut dan tidak membuat wajah jadi kering, supaya kulit kamu tidak berminyak.

Yes, kulit berminyak itu sering banget disebabkan oleh wajah yang sebenarnya kering, karena itu kulit jadi memproduksi lebih banyak minyak.

Rekomendasi sabun wajah untuk remaja :

  1. Garnier Micellar Cleansing Water (yang biru). Ini untuk bersihin muka kalau kamu pakai bedak/sunblock. Beli yang PINK ya, yang pink ini nggak mengandung parfum (fragrance), jadi lebih lembut terutama buat kulit sensitif.
  2. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser. Sabun muka yang ada kandungan salycilic acid, bagus banget kalau kamu gampang jerawatan. Bisa beli disini (pakai kode SBN04FAF5 untuk 50k off).
  3. Simple Micellar Facial Gel Wash. Jujur ini aku belum pernah pakai, tapi aku lihat kandungannya ini lembut dan oke banget, nggak bikin kulit kering.
  4. Wardah Lightening Gentle Wash. Ini juga lumayan kalau kamu cari alternatif yang lebih murah. Lembut, nggak bikin kulit “keset” atau ketarik.

2. Pelembap (Moisturizer)

Pelembap juga salah satu produk skincare paling penting untuk dipakai sejak remaja. Siang dan malam lho ya, apalagi kalau kamu sering berada di ruangan ber-AC, penting banget! Pelembap berfungsi untuk mengunci kadar air dan kelembapan alami kulit, sehingga kulit tetap sehat dan terhidrasi.

Balik lagi ke poin tadi, kulit yang dehidrasi bisa menyebabkan kulit kamu memproduksi lebih banyak minyak! Kalau kulit kamu memang berminyak, tetap jangan skip pelembap. Pakai pelembap yang ringan dan bertekstur gel.

Rekomendasi pelembap untuk remaja :

  1. A’Pieu Madecassoside Cica Gel. Ini brand Korea, kalau kalian belum tahu, aku pencinta kosmetik korea πŸ˜‰ pelembap ini teksturnya gel, ringan di kulit, dan mengandung Madecassoside (bagus banget untuk repair/memulihkan kondisi kulit). Tapi menurutku ini lebih cocok buat malam. Kalau untuk pagi, pakainya tipis-tipis aja.
  2. COSRX Oil-Free Ultra-Moisturizing Lotion. Aku belum pernah coba ini, tapi ini pelembap basic yang cukup oke lah. Ini bisa dipakai siang dan malam.
  3. Pyunkang Yul Moisture Cream. Ini juga brand Korea, dan ini pelembap yang sedikit berat, jadi lebih oke buat kamu yang kulitnya normal-kering. Bisa dipakai buat pagi ataupun malam.
  4. Emina Bright Stuff Moisturizing Cream. Kalau kamu cari yang harganya lebih terjangkau, bisa coba punya Emina. Tapi ini lebih ke pelembap pagi ya, kalau malam ini kurang lembap menurutku.

3. Sunscreen (SPF)

Meskipun poin terakhir, sunscreen ini yang PALING PENTING. Catat ya! Kamu boleh skip semua skincare, kecuali sunscreen/sunblock. Kalau aku cuma boleh pilih satu skincare untuk aku pakai, aku bakalan pilih sunscreen.

Kenapa?

Penyebab penuaan dini dan berbagai masalah kulit seperti flek, noda hitam, jerawat, 90% penyebabnya adalah sinar matahari. Nggak mau kan nanti waktu umur 30, kulitmu sudah berkeriput? Karena itu, lindungi kulit kamu dari sinar matahari sejak dini.

Nggak usah pakai yang macam-macam, pakai aja yang SPF 30 sudah cukup untuk sehari-hari, tapi kalau bisa SPF 50 lebih bagus.

Rekomendasi sunscreen/sunblock untuk remaja :

  1. Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++. Sunscreen satu ini sudah terkenaaaaaal banget, karena teksturnya ringan, cepat menyerap di kulit, dan nggak lengket. Aku suka, oke lah pokoknya, terutama kalau kulitmu cenderung berminyak.
  2. Etude House Sunprise Mild Watery Light SPF 50+ PA+++. Ini salah satu favoritku, masih aku pakai sampai sekarang. Teksturnya oke, cocok juga dipakai dibawah makeup, dan nggak lengket. Ini masih mengandung essential oil, jadi hati-hati kalau kalian sensitif sama essential oil (kulitku baik-baik aja pakai ini).
  3. Purito Centella Green Level Unscented Sun SPF 50+ PA++++. Salah satu brand Korea yang lagi mulai booming nih, nggak mengandung parfum atau bahan-bahan yang bisa bikin iritasi. Cocok untuk kulit sensitif!
  4. L’Oreal UV Perfect Matte & Fresh SPF 50/PA++++. Aku pribadi sih nggak begitu suka sama sunscreen ini, soalnya teksturnya di aku kayak lengket gitu πŸ˜‚ tapi banyak teman-temanku yang suka, jadi aku masukin aja deh.

Oke sekian dari aku untuk 3 skincare yang wajib dipakai dari remaja + rekomendasi produk.

Oh iya, produk yang aku rekomendasikan disini adalah produk yang aku pernah pakai, atau setidaknya aku dengar itu bagus ya. Produk bagus di pasaran ada banyak kok, nggak cuma yang aku sebutkan.

Beberapa yang aku sebutin disini bisa kalian cari di berbagai e-commerce misalnya Sociolla, bisa pakai kodeku ya SBN04FAF5 untuk diskon 50 ribu πŸ‘Œ Kalau ada produk bagus yang kamu sudah tahu atau suka yang belum kusebutin, bisa kasih tau aku dengan komen dibawah ya!

Jessica Alicia's Beauty Blog

This post is not sponsored.
What I wrote is 100% my honest opinion.
The information that I provide here is obtained by research through various sources.

Tags: , ,

8 thoughts on “3 Skincare yang Harus Dipakai Sejak Remaja + Rekomendasi Produk”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *