#TipsAlaJessi : CARA AGAR FOUNDATION LEBIH FLAWLESS DAN TAHAN LAMA

#TipsAlaJessi : CARA AGAR FOUNDATION LEBIH FLAWLESS DAN TAHAN LAMA
May 7, 2017
Siapa yang paling bete kalau baru setengah hari, misalnya jam 2 siang gitu, foundation sudah pada luntur? Sebel banget ya, aku pastinya pernah berada di situasi kayak gitu. Sudah susah payah makeupan, langsung ilang aja siang-siang.

Di #TipsAlaJessi yang kedua ini, (baca yang pertama, tips foto produk) aku mau berbagi tips gimana caranya supaya foundation lebih oke dan lebih tahan lama, nggak bandel di kulit kalian. By the way untuk info aja, aku nggak begitu sering pakai foundation. Biasanya aku pakai BB cream atau concealer kalau buat sehari-hari, jadi tips ini juga berlaku buat base makeup selain foundation kok.
Oh iya wajahku sih tipe kombinasi-berminyak, jadi berminyak di T-Zone (dahi, hidung) dan normal di pipi dan dagu.
Yuk langsung aja!

1. Jangan langsung pakai foundation habis pakai skincare.

Kalau kalian pakai skincare atau produk perawatan kulit berlapis-lapis (kayak aku, lagi 10 step korean skincare nih), jangan langsung ditumpuk foundation. Foundation nggak nempel dengan baik di kulit yang skincarenya belum menyerap dengan sempurna. Mungkin bisa dikipas-kipas dulu biar kering. Atau kalau kalian buru-buru, tempelin tissue di muka deh, supaya menyerap sisa-sisa skincare yang tersisa di kulit.

2. Awali dengan kanvas yang baik. Pakai primer!

Kanvas maksudnya muka kita yak. Awali dengan wajah yang bersih, sudah pakai skincare, dan tentunya PRIMER. Primer apaan sih? Primer yaitu sejenis dasar makeup, yang fungsinya “mengisi” pori-pori supaya pengaplikasian foundation lebih mulus, dan mengontrol minyak di wajah. Beneran, primer itu ngaruh banget lho. Cobain deh!
Rekomendasiku : Benefit Porefessional, Maybelline Baby Skin Pore Eraser, Etude House Face Blur

3. Pilih Foundation yang tepat.

Untuk yang kulitnya berminyak, pilih foundation yang hasilnya matte dan oil-free supaya lebih tahan lama di wajah. Kalau misalnya kalian perlu coverage yang tinggi, jangan dilapis-lapis. Mending langsung cari yang high-coverage. Foundie dilapis-lapis itu lebih beresiko luntur sebelum waktunya.
Rekomendasiku : Etude House Big Cover BB, April Skin Cushion, Benefit Big Easy, Too Faced Born This Way Foundation. 

4. Baking!

Sudah pada tau teknik “baking” belum? Baking itu dimana kita pakai bedak tabur dan ditumpuk yang banyak di bagian yang cepat luntur (ex: dibawah mata, disekitar hidung, di garis senyum), terus dibiarin selama 5-10 menit, terus dibersihin. Fungsinya, bedak segambreng tadi bakal ngunci foundation dan concealer kita, jadinya lebih tahan lama dan matte sepanjang hari. Sangat berguna buat yang kulitnya berminyak dan foundationnya suka creasing.
Rekomendasiku : Catrice Nude Illusion Loose Powder, Innisfree No Sebum Mineral Powder, Etude House Zero Sebum Powder

5. Bagian mana nih yang suka cracking?

Siang-siang, bagian mana yang foundation atau bedaknya suka “pecah”? Kalau aku, biasanya di bawah mata dan di garis senyum atau smile lines karena daerah sana kulitku agak kering. Jadi, di bawah mata selalu aku baking (seperti tips nomor 4), dan di garis senyum aku nggak pakai banyak-banyak. Disana nggak ada kemerahan atau apa sih, jadi aku biasa agak hati-hati dan tipis aja pakainya, supaya mengurangi resiko cracking.

6. Pakai setting spray.

Setting spray bakalan membantu ngunci foundation, concealer, dan bedak kita supaya lebih tahan lama.
Rekomendasiku : NYX Matte Finish Setting Spray, Urban Decay De-Slick Oil Control Makeup Setting Spray

7. Selalu bawa kertas minyak.

Kalau udah terlanjur agak luntur nih, terus kalian mau touch-up, jangan ditumpuk bedak langsung ya, nanti jadinya cakey banget. Pakai kertas minyak dulu, baru kasih bedak, supaya hasilnya kembali flawless dan fresh.

…..

That’s it! Sekian tips dari aku supaya foundation kalian lebih tahan badai. Apa kalian punya tips lainnya yang belum aku sebutkan, atau mungkin foundation andalan kalian? Tinggalkan komentar dibawah ya, kita saling sharing ^^
Semoga post ini membantu kalian, dan nantikan #TipsAlaJessi selanjutnya!

Thanks for visiting!
Xoxo,
Jessi ∞
Instagram, Twitter : @jessicaalicias
YouTube : Jessica Alicia
Facebook : Jessica Alicia
LINE : @its5805k 
 
What I wrote is 100% my honest opinion and based on my own experience.
Follow me on my social media to keep you updated!

0 thoughts on “#TipsAlaJessi : CARA AGAR FOUNDATION LEBIH FLAWLESS DAN TAHAN LAMA”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *