#TipsAlaJessi : 4 TIPS FOTO PRODUK YANG BAIK

#TipsAlaJessi : 4 TIPS FOTO PRODUK YANG BAIK
April 17, 2017
Hashtag #TipsAlaJessi, yaitu post berseri yang aku bikin rutin mulai dari sekarang. Yaitu dimana aku bakal berbagi tips and tricksbisa di bidang blogging, makeup, vlogging, atau yang lainnya, dimana tips tersebut kupelajari secara pribadi (makanya namanya “ala Jessi”). Semoga membantu dan semoga kalian suka yak! Makasihhh 


Bagi kami para blogger, foto produk memang sudah jadi makanan sehari-hari. Buat blog perlu foto produk
, buat Instagram perlu foto produk, dari berbagai angle pula. Udah hafal diluar kepala pastinya.

Aku sudah ngeblog sejak tahun 2013, bisa dibilang hampir 4 tahun. Kalau dibandingkan dari jaman aku awal ngeblog, fotoku dulu…. jelek. Buanget. Tapi, aku nggak berani bilang kalau sekarang foto-fotoku bagus (karena masih banyak blogger yang fotonya lebih badai dari aku, of course) tapi tentu aja ada perkembangan dan tips dan trik foto-foto yang aku pelajari selama ini.
Jadi disini, aku mau share tips yang kupelajari selama 3 tahun blogging ini, gimana sih caranya foto produk (khususnya kosmetik-kosmetik gitu) dengan baik dan estetis.

Sekali lagi yak, disini aku lebih menekankan buat foto yang lebih ke perkosmetikan, aku ga paham kalau foto produknya produk yang lain kayak baju atau makanan, itu kubahas lain kali aja ya kalau aku udah lebih jago :p
Nah langsung aja!
Berikut ini, ada perbandingan foto yang aku ambil di tahun 2014, dan fotoku baru-baru ini. Jadi kira-kira 3 years difference lah ya.
Aku nyari-nyari foto di Instagramku sih (difollow ya! @jessicaalicias lol) aku scroll sampai bawah, tapi dulu aku sempat bersihin Instagramku jadinya foto-foto yang jelek udah hilang semua. Tapi ini salah satu yang aku temukan :
#TipsAlaJessi : 4 Tips Foto Produk Yang Baik by Jessica Alicia
Fotonya ada di post ini

TIPS PERTAMA : PENCAHAYAAN YANG BAIK

Ini penting banget nget nget nget, karena foto yang gelap pastinya nggak menarik dan bikin pembaca malas melihat foto tersebut. Percuma kalau kamera bagus, tapi cahayanya nggak mencukupi. Cahaya juga membuat produk yang kita foto terlihat lebih “hidup”. Bisa dilihat di foto tadi, yang atas itu parah banget gelap fotonya, dan itu nggak aku edit karena dulu aku masih malas :’) Dulu juga waktu aku belum kenal dan punya ringlight, aku malah jepret fotonya malem-malem dan nggak mikirin pencahayaan dan sebagainya. Kalau sekarang, aku biasanya mengambil foto dengan pencahayaan ringlight.Jadi guys, gunakan pencahayaan yang baik sebisa mungkin. Fotolah pas ada cahaya matahari, karena memang natural light is the best. Kalau kamar kalian nggak ada jendela kayak aku, usahakan punya cahaya tambahan seperti ringlight, atau senter mungkin, atau apapun supaya fotonya lebih bagus.

TIPS KEDUA : BACKGROUND

Kalian lihat foto tadi, backgroundnya seprei. Nggak apa kalau sepreinya estetis, ini sepreinya happy house :’)
Untuk foto produk, yang mau ditonjolkan tentu aja produknya ya kan? Karena itu, pakai background yang cenderung polos dan warnanya kontras dengan produk. Seperti contoh diatas, produk yang kufoto warnanya hitam, dan aku pakai kain putih, jadi warnanya kontras. Kalau aku foto misalnya pakai background hitam, kan kurang kelihatan jadinya.
Aku juga kurang suka sih pakai background yang pattern, misalnya kotak-kotak atau bunga-bunga, karena terlalu distracting dan ramai. Tapi kembali lagi sih, itu opini pribadiku aja.

Ada beberapa blogger-blogger yang foto produknya pakai kain sequin, cuma aku ga suka karena terlalu banyak memantulkan cahaya. Aku seringnya pakai kain putih polos aja, terus diatur biar nggak lurus tapi seperti ada lipatan-lipatannya gitu. Kalau misalnya putih doang bosenin, bisa cari yang bertekstur, bulu-bulu misalnya.
#TipsAlaJessi : 4 Tips Foto Produk Yang Baik by Jessica Alicia
Perbedaan backgroundnya. Kiri : seprei ga jelas, kanan : kain putih yg diatur lipat2 biar bagus

TIPS KETIGA : KOMPOSISI

Kalau dalam hal ini, sebenarnya nggak ada teori khusus sih kalau menurutku. Main feeling aja, kalau sudah peka dengan komposisi yang oke, pasti bagus-bagus sendiri kok hasil fotonya. Beberapa tips komposisi dari aku,
  • Jangan memotong produknya, apalagi di foto awal dimana ingin menunjukkan kemasan/tampilan produk tersebut
  • Kalau bisa, foto dari berbagai angle/sudut supaya nggak lurus-lurus semua, nanti cepet bosen
  • Produknya nggak harus di tengah kok. Kalian bisa pakai rule of third (focal pointnya nggak ditengah, tapi di sepertiga kiri/kanan/atas/bawah)
  • Kasih dekorasi, misalnya bunga palsu, atau buku, atau benda estetis yang kalian punya di rumah
  • Kalau mau foto yang backgroundnya bokeh (fokus di produknya), pastikan backgroundnya estetis juga yak
Contoh komposisi yang buruk :
#TipsAlaJessi : 4 Tips Foto Produk Yang Baik by Jessica Alicia
Fotonya dari post ini

Menurutku foto ini, produknya terlalu deket (jd 1 frame kepenuhan gitu). Fotonya nggak proporsional dan yang milky strawberry kepotong sama bordernya. Kalau emang mau dihias pakai border, ya jangan motong produknya dong. Gimana sih Jessi ini?? #plak

#TipsAlaJessi : 4 Tips Foto Produk Yang Baik by Jessica Alicia
Foto dari post ini
Dulu aku seneng banget ya pakai border-borderan gini lol.
Ini juga, kenapa di belakang tanganku itu ada kardus, keset, dan kresek? Kalau mau foto modelan begini, pastikan belakangnya bersih dan estetis ya. Hahaha… :’)
#TipsAlaJessi : 4 Tips Foto Produk Yang Baik by Jessica Alicia
Foto dari Instagramku @jessicaalicias
Yang ini…. dulu ini temanya kalau nggak salah, ada sebuah account yang ngadain giveaway gitu, dan disuruh foto produk-produk warna pink. Ini komposisinya uaneh banget sih, pertama kepenuhan dan nggak ada ruang kosong disana. Kedua, banyak barang yang kepotong, kayak pouch di atas itu dan kuas dibawah. Motong barang kalau flatlay sih nggak apa sebenarnya, tapi kalau nanggung kayak gini, aneh jadinya. Terus, backgroundnya. Kayak yang aku bahas di bagian background tadi, ini barangnya pink, backgroundnya pink, berpattern lagi! Ya amfun, nabrak semua kan jadinya.
___
Nah sekarang aku mau share contoh foto yang menurutku sudah… lumayan oke (semoga) :
#TipsAlaJessi : 4 Tips Foto Produk Yang Baik by Jessica Alicia
Foto dari post ini

Tadi kan banyak yang kepenuhan tuh fotonya, disini aku sudah mulai foto dari jarak yang agak jauh, jadi ada white space. Mainin white space supaya pembaca nggak “sesek” gitu ngelihat foto kita yang produknya full di 1 frame. Aku juga nambahin buku yang warnanya ungu-ungu, supaya nggak terlalu kosong dan warnanya juga mendukung eyeshadownya.

#TipsAlaJessi : 4 Tips Foto Produk Yang Baik by Jessica Alicia
Foto dari Instagramku @jessicaalicias

Produk-produknya disini diatur supaya kelihatan dinamis, kayak “bergerak” keluar dari pouchnya. Aku juga menerapkan rule of third dimana komposisinya agak berat sebelah, kesannya lebih dinamis dan nggak kaku. Sama, banyak white space supaya nggak kepenuhan.

#TipsAlaJessi : 4 Tips Foto Produk Yang Baik by Jessica Alicia
Foto dari Instagramku @jessicaalicias

Sekali lagi, sama.. rule of third, dan disini aku lebih main warna sih ya, jadi warna utamanya merah dan hitam. Karena kalau di dalam satu foto kebanyakan elemen dan warna, jadi ribet dan nggak enak aja ngelihatnya ya kan. Kayak nyocok-nyocokin, mix and match gitu :3

TIPS KEEMPAT : EDITING

Editing ini bagian paling seru sih menurutku, soalnya kita bisa lihat gimana foto itu berubah dari yang biasa aja jadi enak dilihat, kalau ngeditnya benar.
Dulu aku nggak bisa membatasi gairahku *ditampar* dan selalu ngedit berlebihan. Aku nambah-nambahin hiasan stiker-stiker aneh gitu, nambahin kelap kelip, border… Pokoknya yang nggak diperluin aku kasih, yang diperluin malah nggak ada :’)

Tips untuk editing itu, editlah supaya enak dilihat. Bukan supaya lucu, supaya gemes, dll. Ini opini pribadiku sendiri sih, aku anti sama foto yang dikasih terlalu banyak stiker-stiker, hati, jempol, karena agak menganggu kalau buatku pribadi.

Oh iya sekedar info, untuk foto blog, biasanya aku edit pakai Adobe Photoshop CS6, dan kalau foto Instagram, nyampur-nyampur deh. Kadang VSCO, Snapseed, editan dari Instagram, dll.

Contoh foto yang diedit berlebihan :
#TipsAlaJessi : 4 Tips Foto Produk Yang Baik by Jessica Alicia
Fotonya dari post ini
Why. Just. Why. Ini aku kasih border (lagi), bokeh-bokeh nggak jelas, stiker hati, aneh banget kan jadinya.
#TipsAlaJessi : 4 Tips Foto Produk Yang Baik by Jessica Alicia
Foto dari Instagramku @jessicaalicias

Ini juga, aku ngecrop ini jadi lingkaran, terus malah ada hiasan pattern pink itu di atas sama bawahnya. Terus ada bokeh-bokeh hati gitu, nggak diperlukan banget ya kan? Jadi editlah sesuai apa yang diperlukan guys.

Contoh editingku, yang menurutku lumayan oke :
#TipsAlaJessi : 4 Tips Foto Produk Yang Baik by Jessica Alicia
Foto dari post ini

Disini aku mengedit yang diperlukan saja ya kan. Karena gambar yang aku jepret gelap (kondisi ruangan gelap dan kalau ISO ketinggian takut noise), jadinya aku mengedit supaya terlihat lebih terang dan “segar”. Aku naikin exposure, brightness, dan menurunkan shadows-nya sedikit.

#TipsAlaJessi : 4 Tips Foto Produk Yang Baik by Jessica Alicia
Foto dari post ini

Kalau yang ini, foto yang aku ambil entah kenapa tone nya aneh, agak biru-biru kehijauan gimana gitu. Jadi aku edit color balance, menurunkan hijau dan menaikkan birunya sedikit. Terus aku terangin juga, dan kasih tulisan karena ini foto pertama di postingan unboxingku. Hasil akhirnya, tone nya lebih enak dilihat dan nggak se”kusam” foto aslinya.

___
Okeee sekian 4 tips ala aku untuk foto produk yang baik, dari cahaya, background, komposisi, sampai editing.
Semoga post #TipsAlaJessi yang pertama ini somehow bisa membantu kalian. Maafkan kalau misalnya ada yang belum maksimal atau gimana, aku hanya bisa berbagi tips dari yang aku pelajari selama ini dan aku masih belajar lagi ^^ apa kalian ada tips untuk foto produk selain yang aku sebutin? Yuk tinggalkan komen dibawah!
Thanks for visiting!
Xoxo,
Jessi ∞
Instagram, Twitter : @jessicaalicias
YouTube : Jessica Alicia
Facebook : Jessica Alicia
LINE : @its5805k

20 thoughts on “#TipsAlaJessi : 4 TIPS FOTO PRODUK YANG BAIK”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *